Cara Blok Aplikasi dengan Firewall

1 min read

Cara Blok Aplikasi dengan Firewall

Lagi cari cara blok aplikasi dengan Firewall yang mudah?

Tepat sekali! Sebab, melalui artikel ini Anda akan menemukan jawaban tepatnya…

Karena apa?

Di sini kami akan mencoba menjelaskan secara gamblang cara blok aplikasi yang mudah dengan memanfaatkan Firewall.

Tapi yang jadi pertanyaannya adalah…

Apa Anda sudah tahu yang dimaksud dengan Firewall itu sendiri?

Firewall Adalah

Ingin blok aplikasi di PC? Atau, mau memberikan keamanan yang lebih pada perangkat PC Anda? Bahkan, Anda ingin mencegah akses tak dikenal yang akan mengakses perangkat PC-mu?

Semua masalah – masalah tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan Firewall, lho.

Nah, kira – kira sampai di sini, apakah Anda sudah paham yang dimaksud dengan Firewall?

Hemmm… masih gagal paham?

Tenang, kami akan menjelaskan lebih detailnya kepada Anda.

Firewall adalah aplikasi yang berperan penting sebab memiliki tugas untuk menjaga keamanan pada PC Anda dari serangan luar. Firewall bahkan akan cegah akses tak dikenal dari perangkat Anda, khususnya apabila akses tersebut mengancam keamanan data – data di PC-mu.

Cara Blok Aplikasi dengan Firewall Dengan mudah

Cara Blok Aplikasi dengan Firewall

Langkah pertama

Silakan Anda buka Start dengan cara mengeklik logo Windows di pojok kiri bawah. Jika sudah, jalankan Firewall-nya. Klik pada Windows Defender Firewall yang ada di atas jendela Start.

Langkah kedua

Klik pada opsi Advanced Settings yang ada di pojok kiri atas jendela Windows Firewall. Dan tab di Outbound Rules yang ada di sisi kiri jendela. Lalu lanjutkan dengan mengeklik New Rule yang ada di pojok kanan atas, sehingga dibukalah jendela baru yang bisa digunakan untuk membuat rule Firewall.

Langkah ketiga

Berikan centang di kotak Program, lalu klik Next dan pilih saja aplikasi atau program yang ingin di blok. Caranya centang kota This Program Path dan klik Browse. Klik This PC, kemudian gulirkan layar ke bawah dan klik ganda nama kandar keras PC Anda. Klik ganda juga pada Program Files. Untuk memilih aplikasi yang akan diblok Anda cukup mengekliknya satu kali saja.

Langkah keempat

Klik pada kolom alamat untuk memilih Path yang ditampilkan, lalu salin Path dengan cara menekan Ctrl + C. Langkah ini wajib dilakukan sebab Windows nanti akan menata ulang Path setelah Anda membuka berkas tersebut di Firewall.

Langkah kelima

Klik pada opsi Open, lalu ganti Path di depan nama aplikasi dengan Path yang sudah disalin tadi. Caranya, sorot saja semua Path di kotak teks This Program Path sampai muncul tanda Backslash terakhir sebelum nama aplikasi. Jika sudah, tempelkan Path-nya dengan menekan Ctrl + V. Apabila Anda tidak melakukan langkah ini, maka tidak akan memblokir apa pun di PC Anda.

Langkah keenam

Klik Next tiga kali di kanan bawah jendela di setiap halaman, sehingga Anda nanti akan dibawa ke halaman terakhir. Lalu lanjutkan dengan menamai aturan yang Anda buat. Silakan ketikkan apa saja untuk kemudian dijadikan sebagai nama aturan ke dalam kotak teks di halaman tersebut. Misalnya, jika Anda ingin blok Chrome di PC, maka Anda bisa memberinya nama Blokir Chrome.

Langkah ketujuh

Terakhir klik Finish jika aturan yang Anda buat tersebut sudah benar. Dan mulai sekarang sampai Anda menonaktifkan atau bahkan menghapus aturan, program maupun aplikasi tersebut tidak akan bisa mengakses internet lagi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara blok aplikasi dengan Firewall. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Overclock Laptop

husding
1 min read