Cara Memperbaiki File Corrupt

1 min read

Cara Memperbaiki File Corrupt

Memang ada cara memperbaiki file corrupt yang mudah? Bahkan untuk orang awam di dunia PC atau laptop sekalipun?

Ada, bahkan banyak banget!!!

Contohnya….

Di mesin pencarian Google Anda bisa coba masukan kata kunci “cara memperbaiki file corrupt”, dan tara… disana tersedia banyak sekali langkah memperbaiki file corrupt yang bisa dicoba.

Tapi, apa iya semua informasi yang tersaji tersebut 100% bisa berhasil untuk perbaiki file corrupt?

Tentu saja tidak!

Sebab, juga ada banyak banget situs abal – abal yang menyediakan informasi kurang akurat, bahkan hoax.

Cara Memperbaiki File Corrupt

Masalah file corrupt pastinya bawa petaka besar bagi hidupmu jika itu merupakan file penting. Makanya, melalui artikel ini akan kami bagikan cara memperbaiki file corrupt yang mudah.

Namun terlepas dari hal tersebut, apa Anda juga sudah tahu penyebab file corrupt?

Dunia teknologi memang sudah semakin berkembang pesat dan canggih.

Tapi faktanya… masih saja ada banyak orang yang tidak mengerti cara menggunakan laptop yang benar. Sehingga tak heran jika tidak sedikit orang yang menghadapi masalah file corrupt.

Tentu saja hal ini membuat kesal, bukan?

Tunggu… jangan galau dulu! Anda bisa menghadapi masalah itu kok, ikuti saja caranya di bawah ini!

Memperbaiki file corrupt dengan CD Installer Windows

Langkah pertama

Sebelum masuk ke langkah pertama, penting untuk Anda tahu bahwa cara ini hanya bisa dilakukan apabila Anda menggunakan sistem operasi Windows 8 dan Windows 10. Pertama, masukkan saja CD Installer Windows dan lakukan boot pada PC atau laptop Anda.

Langkah kedua

Apabila Anda melihat opsi Instalasi, maka yang harus Anda lakukan di sini adalah memilih Bahasa dan format waktu, lalu klik pada opsi Next. Dan pilih Repair Your Computer.

Langkah ketiga

Pada langkah ini nanti Anda akan melihat tiga opsi berikutnya, silakan pilih saja Troubleshoot. Dan pilih juga Advanced Options.

Langkah keempat

Untuk langkah yang berikutnya, pilih Command Prompt. Kemudian dalam CMD Anda bisa menggunakan perintah “dir”. Ini merupakan perintah yang akan menolongmu untuk temukan huruf di drive yang sudah Anda partisi.

Langkah kelima

Terakhir, ketikkan “sfc/scannow/offbotdir=D\/offwindir=D:\windows” jika sudah klik Enter. Tunggu beberpa saat, dan jika sudah selesai Anda perlu melakukan Reboot sistem terlebih dulu.

Cara Memperbaiki File Corrupt lewat cmd

Memperbaiki File Corrupt dengan CMD

Langkah pertama

Silakan coba Anda jalankan Command Prompt sebagai Administrator. Caranya mudah sekali, yakni dengan mengeklik kanan di logo Start, dan pilih saja Command Prompt (Admin).

Langkah kedua

Kemudian untuk melakukan Scan dan melakukan perbaikan pada file yang rusak tersebut, maka Anda bisa melakukan dengan menggunakan perintah sfc/scannow. Proses ini nanti akan memakan waktu cukup lama, sebab Scan akan dilakukan secara menyeluruh.

Langkah ketiga

Lalu lanjutkan dengan menggunakan perintah sfc/verifyonly untuk Scan tanpa melakukan perbaikan apapun. Tapi, apabila Anda hanya ingin Scan pada satu file saja maka Anda bisa cara seperti ini, yakni misalnya saja file yang akan diperbaiki bernama “advapi32.dll” dan terletak di folder C:\Windows\System32, sehingga Anda akan mendapati perintah sfc/scanfile=C:\Windows\System32\advapi32.dll.

Selain beberapa perintah tersebut, di bawah ini juga ada parameter lainnya yang bisa digunakan dalam proses Scan, diantaranya :

  • /cannow, untuk Scan file yang terproteksi langsung
  • /scanonce, untuk Scan file yang terproteksi bersamaan
  • /scanboot, untuk Scan file yang terproteksi tiap kali PC Restart
  • Dan masih ada banyak lagi lainnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memperbaiki file corrupt. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Overclock Laptop

husding
1 min read