Cara Overclock Laptop

1 min read

Ya, mungkin saja bagi mereka yang sudah cukup sering kenal dunia laptop tahu cara overclock laptop. Tapi bagaimana buat mereka yang masih awam dengan dunia ini?

Eits, tunggu dulu…

Anda tak perlu bingung kesana kemarin mencari cara overclock laptop di internet.

Kenapa begitu?

Sebab, melalui artikel ini akan kami bagikan langkah mudahnya overclock laptop yang bisa dicontek. Dijamin 100% berhasil!

Cara Overclock Laptop Terbaru 2019

Kalau menurut Anda overclock itu apa sih?

Tentunya sebelum Anda akan melakukan overclock di laptop kesayangan, harus banget tahu yang dimaksud dengan overclock ini sendiri.

Ya, seperti yang kami singgung di awal, jika Anda cukup akrab dengan dunia laptop atau PC, pasti sering mendengar istilah overclock ini. Memiliki artian untuk tingkatkan kecepatan clock rate jauh lebih gesit dibandingkan bawaan pabrikan.

Cara Overclock Laptop AMD

So, pertanyaannya… kira – kira seberapa pentingnya sih kita harus melakukan overclock pada laptop kesayangan?

Ini tentu akan jadi sangat penting jikalau Anda merasa ingin mendapatkan performa lebih.

Gimana jadi nggak penting, dengan melakukan overclock maka yang akan Anda dapatkan adalah peningkatan performa rata – rata 10%.

Dengan catatan…

Asalkan Anda menggunakan stock cooling.

Kabar baiknya, jika Anda pakai cuctom cooling atau bahkan water cooling itu artinya Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari ini.

Tanpa harus berlama – lama lagi, berikut kami bocoran rahasia cara overclock laptop yang mudahnya.

Langkah pertama

Silakan Anda download terlebih dulu MSI Afterburner dan Furmark dan install software tersebut seperti biasa di laptop Anda.

Langkah kedua

Lanjutkan dengan membuka software MSI Afterburner, sehingga Anda bisa menemukan Core Voltage (jika Anda pakai stock cooling, sebaiknya bagian ini tidak diubah – ubah), Core Clock (ini menunjukkan kecepatan core clock Anda saat ini), Shader Clock (bisa diabaikan jika memang tak ada slidernya), Memory Clock (menunjukkan kecepatan memori clock Anda saat ini), dan Fan Speed (menunjukkan kecepatan kipas Anda saat ini).

Langkah ketiga

Nah, untuk langkah berikut ini kita akan memulai melakukan overclock di laptopmu. Pertama, lakukan saja dengan satu buah parameter, jangan langsung semuanya kecuali Anda ada referensi lain untuk mengaturnya. Misalnya, untuk satu prameter bisa dimulai mengatur Core Clock-nya terlebih dulu, jangan bersamaan dengan Memory Clock.

Atur saja Core Clock-nya menjadi +25Mhz dan pada pengaturan kipasnya bisa diatur secara manual di 100%. Bila sudah, klik pada opsi Apply.

Langkah keempat

Buka software Furmark yang sudah diinstall tadi, kemudian klik pada GPU Stress Test. Lakukan uji coba sekitar 10 menitan, jika Anda tidak menemukan adanya artefak atau blue screen itu artinya aman – aman saja, ya!

Langkah kelima

Kembali lagi ke software MSI Afterburner, di sini Anda harus memastikan suhunya tak melebihi 900C.

Langkah keenam

Kembali ke langkah ketiga, lakukan sampai alami salah satu baik artefak atau pun bluescreen. Jika sudah, maka Anda harus menurunkan kecepatan Core Clock. Tujuannya adalah, agar Anda bisa dapatkan stabilitas.

Langkah ketujuh

Tara… kini Anda sudah berhasil overclock laptop Anda. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah silakan lakukan hal yang sama dengan Memory Clock.

Oh iya, ada satu hal yang penting untuk Anda ingat selalu, yakni melakukan overclock yang berlebihan bisa sebabkan kerusakan pada hardware laptop secara permanen.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara overclock laptop yang mudah. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasanmu.