Cara Membuat Kop Surat di Word

1 min read

Cara Membuat Kop Surat di Word

Sebagian orang bilang ini mudah sekali, tapi ternyata ada banyak orang yang menganggap bahwa cara membuat kop surat di Word ini sulitnya kebangetan.

Lalu, bagaimana jika menurutmu sendiri…?

Apa juga merasa kesulitan untuk membuat kop surat di Word?

Kami jamin 100% berhasil membuat kop surat di Word sendiri.

Syaratnya…

Anda harus simak langkah – langkahnya sampai selesai dengan baik.

Karena cara membuat kop surat di Word ini akan dijelaskan secara terperinci, makanya cara tersebut work it banget untuk Anda coba praktekkan.

Pengertian Kop Surat

Kop surat fungsinya apa?

Kop surat pada dasarnya memiliki fungsi sebagai wakil dari identitas sebuah lembaga maupun perusahaan. Yang mana ada kaitannya dengan urusan komunikasi lewat surat atau dokumen – dokumen tertentu.

Lalu, apa itu kop surat?

Pengertian kop surat ini adalah bagian paling atas pada sebuah lembar surat. Terdiri dari nama, alamat, dan logo pemilik surat yang bersangkutan.

Kira – kira seberapa pentingnya sih peranan kop surat ini?

Jika berbicara mengenai penting atau tidak, sepertinya Anda sudah tahu jawabannya bahwa kop surat ini memiliki peranan penting dalam sebuah surat menyurat.

Bahkan dalam sebuah surat wajib ada kop suratnya.

Salah satu cara paling mudah membuat kop surat adalah lewat Word. Dalam tutorial ini akan menuntunmu yang belum pernah membuat kop surat.

Daripada harus berlama – lama lagi, langsung saja simak langkah mudahnya di sini!

Cara Membuat Kop Surat di Word

Langkah pertama

Silakan buat dulu dokumen baru lalu simpan dengan nama yang sesuai. Klik 2 kali di posisi paling atas dokumen Anda. Hal ini dilakukan untuk mengaktifkan fungsi Header. Kemudian pada bagian Ribbon Design berikan tanda centang di opsi Different First Page. Tujuannya, agar kop surat hanya muncul di halaman pertama saja.

Langkah kedua

Buat nama perusahaanmu, alamat, dan lain – lain termasuk logo perusahaan. Guna memudahkan Anda saat memposisikan logo, klik kanan di logo tersebut lalu klik Text Wrapping – In Front Of Text. Apabila urusan teks maupun logo sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah membuat garis di bagian paling bawah kop suratnya untuk dijadikan sebagai pembatas.

Caranya mudah sekali, yakni di paragraf akhir kop enter 1 kali agar ada satu baris yang kosong. Blok baris kosong tersebut, lalu klik menu Border, tanda jarum di sebelah kanan bukannya kotak garisnya.

Langkah ketiga

Jika sudah, pada jendela Borders and Shading silakan Anda tentukan lebar garis sesuai kebutuhan lalu klik pada posisi garis dan klik Ok.

Langkah keempat

Untuk membuat garis sebenarnya Anda juga bisa menggunakan fungsi Shape. Caranya mudah sekali, yakni dengan mengeklik Insert – Shapes dan pilihlah jenis Line atau Garis. Klik dan tarik di posisi yang tepat.

Langkah kelima

Dengan kursor aktif ada di garis panjang tadi, Anda pastilah ada di menu Format. Di bagian bawah menu inilah ada menu Shape Outline. Klik menu tersebut dan Anda akan menemukan pilihan warna. Pilih Weight untuk ubah ketebalan garisnya.

Langkah keenam

Kemudian di sisi yang paling kanan sendiri Anda akan menemukan kotak yang nilainya bisa diubah untuk sesuaikan posisi garisnya. Silakan Anda coba – coba dulu untuk mengetahui masing – masing fungsinya. Dan selesai, kini kop surat pun sudah berhasil Anda buat sendiri di Word.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara membuat kop surat di Word. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Overclock Laptop

husding
1 min read